Langsung ke konten utama

Tips Hidup di Luar Negeri dari Orang yang Baru Sebentar di Luar Negeri

Orang-orang sudah banyak memberikan tips lolos beasiswa, tips visa, tips kuliah, dan tips-tips lainnya. Aku juga akan memberikan tips, tapi tips untuk hal-hal sepele dan hal-hal kecil saja, hehe.. Aku baru tiga minggu tinggal di Inggris, lebih tepatnya di kota Sheffield. Kota ini tidak sebesar London, Manchester, atau Edinburgh, tapi aku suka kota ini karena cukup hening dan enak buat belajar. Oh iya mungkin tidak semuanya tahu, aku di sini dalam rangka melanjutkan pendidikan master di University of Sheffield.

Aku merasa sebagai tergolong orang yang lambat dalam beradaptasi, karena seumur hidupku tidak pernah tinggal sendiri (selalu di rumah orang tua) dan mendadak hidup sendiri sekarang. Aku mau membagikan pengalamanku kepada teman-teman agar tidak mengalami kesalahan sama seperti diriku, haha.. Well experience is the best teacher right? Baru tiga minggu di sini dan rasanya buanyak sekali kejadian yang bisa jadi pembelajaran. Jadi ini beberapa tips pemula yang bisa kuberikan agar siapapun yang mau hidup di luar negeri:

TIPS TIDAK JETLAG
Jetlag menurutku musuh terbesar ketika awal-awal berada di luar negeri. Menurutku hal terbaik yang bisa dilakukan biar tidak jetlag adalah tidur di pesawat. Pesawat dari Indonesia ke Inggris kalau langsung itu bisa sekitar 16 jam. Memang sih kita dapat banyak fasilitas di pesawat (seperti film atau musik), tapi kalau aku mending tidur aja daripada jetlag pas turun, haha.. Jadi yang kulakukan biasanya:
  • Masuk pesawat, berdoa dulu biar selamat dan bisa tidur. Setelah dapat selimut dan segala perkakasnya, langsung tidur.
  • Kalau dibangunin buat makan, terima aja dan makan (laper bok). Nah sambil makan itu sambil nonton aja. Biasanya film di pesawat itu durasinya panjang-panjang (rata-rata 2 jam), habis filmnya kelar langsung tidur.
  • Tidak semua orang bisa tidur di pesawat sih, tapi coba paksain tidur. Cari posisi se-enak mungkin buat tidur. Dengerin musik-musik instrumental dengan suara lembut kalau buatku membantu sih.


Nah hal selanjutnya yang bisa dilakukan ketika sudah mendarat adalah buat diri secapek mungkin. Misalnya sampainya siang, nah nyampe kamar jangan tidur lagi tapi jalan-jalan atau buat capek diri sampai malam. Indonesia-Inggris itu beda jamnya 6 jam aja sudah kerasa banget, kebayang kalau Amerika beda 14 jam lebih lelah lagi. Oh iya terus pelajarin jam tidur sama bangun di negaranya. Kalau di Sheffield berdasarkan nanya-nanya teman satu apartemen (karena aku tinggal di apartemen yang orang-orangnya kebanyakan memang tinggal di Eropa kayak Romania, Italia, Belanda, atau memang sudah lama tinggal di Inggris tapi bukan Sheffield), orang-orang biasanya bangun jam 9 pagi. Itu menurutku siang banget, orang di Indonesia biasanya bangun jam 5 pagi. Di awal-awal kerasa sih kita akan merasa bangunnya kok rasanya pagi banget, tapi yaa setelah 3 hari nanti juga akan terbiasa dan gak jetlag kalau pakai tips tidur di pesawat. Soalnya pengalaman teman yang gak tidur di pesawat dan benar-benar memanfaatkan fasilitas di pesawat jetlagnya sampai seminggu lebih.

TIPS MENGISI KAMAR KOSONG
Jadi ceritanya kamarku itu fully furnished tapi kosong (maksudnya gak ada bantal, sprei, alat bersihin kamar mandi, dll).
Begini gambaran kamar kosong itu

Nah karena kosong jadi harus beli-beli barang dong. Jadi aku mau memberikan tips apa saja yang perlu dilakukan, apa yang perlu dibeli (atau bahkan bawa dari Indonesia) untuk mengisi kamar:
  • Hal yang dilakukan pertama kali yang pasti adalah buat list barang yang tak ada di kamar. List ini bakal membantu untuk menghemat juga sih biar tidak kalap pas sampai supermarket. Tapi pengalamanku tetep aja kalap sih, karena pas sampai tokonya langsung punya pikiran "Aaahhh gue butuh ini, butuh itu, butuh ini........" (padahal gak ada di list cuma barangnya nampak di etalase)
  • Kalau bisa survey toko dan harga di Indonesia. Jadi pas nyampe gak bingung-bingung lagi kalau mau nyari barang di mana dan jadi tahu lebih murah di mana. Google maps di Indonesia benar-benar membantu kok dan percayalah jaraknya kalau cuma 1 kilo atau di bawahnya itu masih bisa banget jalan kaki.
  • Ini sepele sih, tapi bedakan DUVET dan DUVET COVER (BTW, duvet itu selimut tapi lebih tebal). Jadi duvet di sini itu bahkan ada tempatnya kayak bantal gitu, nah jangan salah beli duvet cover doang tanpa beli duvet. Saranku belilah sekalian duvet yang ukurannya 13,5 tog. Aku gak tahu sih tog artinya apa, haha.. Tapi intinya makin gede tog-nya makin hangat dan ukuran 13,5 tog itu recommended buat musim dingin sebenarnya (yang paling tebel 15 tog kalau gak salah). Cuma aku yang masih di peralihan musim panas ke gugur aja kedinginan dan ini duvet telah menyelamatkan hidupku.
  • Bawa sapu lidi (bahasa Jawa-nya tebah) buat bersihin tempat tidur. Soalnya di luar negeri gak mungkin jualan
  • Kalau beli tempat sampah cari aja yang murah, soalnya sebagus apapun juga ujung-ujungnya ditutupin pakai plastik. Terus cari plastik sampahnya yang murah aja (kalau di Inggris banyak yang cuma £1).
  • Kalau kalian di negara 4 musim, belum tentu kalian harus beli setrika. Pengalaman temen yang sudah duluan tinggal di Inggris ada yang beli setrika tapi gak pernah kepake soalnya dia bajunya selalu lapis (misalnya kemeja terus jaket, kaos terus sweater). Kalau aku sih beli setrika, cuma biasanya yang pakai temen bukan aku, hahaha...


TIPS (gak enak diomongin sih, maaf ya) PUP
INI PENTING BANGET APALAGI BUAT ORANG INDONESIA!!! *gak nyante*. Salah satu kekagetanku tinggal di luar negeri dan tidak kuantisipasi adalah ketika membuang kotoran dari sebuah liang, aku harus membersihkannya dengan tisu. Pakai air aja kadang gak bersih, gimana pakai tisu -_- Yaa ini tips agak-agak penting gak penting sih, jadi silahkan kalau mau baca
  • Beli tisu toilet yang murah aja. Aku gak ngerti kalau ke supermarket ada tisu toilet yang isi 9 harganya cuma £1, tapi ada juga yang isi cuma 3 harganya sama. Kata temenku yang orang Inggris sih kelembutannya beda, but you only need that tissue to clean your.......
  • Kalau habis pup, buanglah tisunya ke dalam toilet dan di flush. Kebodohanku pas di awal adalah aku cari tempat sampah buat buangnya. Ternyata (aku baca di majalah Inggris tentang how to life in England) itu tidak sopan buat orang sini buang tisu toilet di tempat sampah.
  • Kalau tidak bisa hidup dengan tisu toilet, belilah tisu basah tapi agak mahal sih.
  • Kalau mandi biasakan bersihkan bagian itu secara menyeluruh.
  • Ternyata cara bersihin lubang itu ada caranya loh, yaitu arah bersihinnya dari alat kelamin ke lubang sampai belakang. Logikanya kalau dari lubang ke arah alat kelamin, kotorannya akan nempel di alat kelamin (kalau cowok khususnya di scrotum dan cewek di vagina). Ini adalah hasil ngobrol sama mahasiswa jurusan kesehatan Sheffield dan aku gak ngerti kenapa kita ngomongin ini waktu itu.


Eh iya ngomong-ngomong mandi sekalian TIPS MANDI DI NEGARA 4 MUSIM. Kata orang Inggrisnya, you only need to take a bath when you feel filthy. Jadi aneh kalau mandi 2 kali di sini. Bahkan kata teman satu apartemenku yang rumahnya di Leeds bilang dia pernah didiagnosa asma karena mandi sehari sekali -_- Jadi yaa mandilah kalau merasa kotor aja, aku sih mandi 2 hari sekali. Terus ada orang yang tipenya mandi pagi atau mandi malam. Mandi pagi maksudnya sebelum pergi dari rumah, mandi malam setelah pulang dari pergi-pergi. Yaa nanti sesuaikan diri saja.

TIPS HEMAT
Karena hemat adalah pangkal kaya. Hal-hal yang bisa dilakuakn agar hemat adalah;
  • Bawa bekal. Bawa makanan yang gampang aja kayak roti diisi selai gitu. Roti di Inggris tebel-tebel, makan 2 lembar aja sudah kenyang. Terus roti 1 bungkus itu harganya paling sekitar £1. Lebih murah daripada makan di restoran fastfood sekitar £3
  • Bawa minum dan botol minum. Carilah water spring atau tap water di manapun, kadang-kadang di toilet ada tulisannya kok air yang bisa diminum yang mana. Gratis pula jadi bisa minum sampai kembung. Oh iya TIPS AIR YANG BISA DIMINUM adalah air dapur dan biasanya air kamar mandi gak bisa. Terus yang diminum yang air dingin saja, bukan air panas.
  • Kalau keluar rumah bawa uang yang secukupnya. Seperti pesan papa dan mama di rumah, janganlah berlebihan dalam apapun termasuk dalam membawa uang. Targetin aja misalnya seminggu ini cuma mau bawa uang £50 atau per-hari cuma mau keluarin £5. Sangat membantu kok.
  • Jangan ngutang atau minjemin uang ke orang lain. Kecuali kamu emang sangat percaya dengan orang tersebut dan bisa memberikan jaminan bahwa kamu akan bayar hutang atau orang itu bisa bayar hutang. Selain kalau lupa bayar hutang bisa masuk neraka, ngutang itu membuat kita merasa punya uang di manapun.
  • Datang acara gratisan dan bawa kotak makan (jadi kalau ada makanan sisa dibungkus). Ini agak memalukan sih, tapi yaa bolehlah dicoba, haha..
  • Kalau mau beli pakaian, belilah di second-hand shop atau charity shop. Mungkin kalau teman-teman Eropa sering dengar belilah di Primark karena murah. Sayangnya tidak saudara-saudara, mending beli di toko second atau charity. Aku menemukan winter coat yang persis sama ada di Primark dengan harga £40 dan kubeli di charity shop dengan harga £10. Bedanya jauh banget. Tapi yaa kalau gak mau barang second beli ke Primark aja. Tidak usah malu pakai barang bekas, hehe..


TIPS HAL YANG BISA DILAKUKAN DI MINGGU PERTAMA DI LUAR NEGERI
Ini berdasarkan pengalaman nyata apa yang kulakukan sih.
  • Bersyukur kepada Tuhan sudah sampai dengan selamat
  • Cari teman, baik yang dari Indonesia maupun SKSD dengan siapapun yang ketemu. Awal-awal di luar negeri, apalagi kalau datangnya sendiri itu rasanya kesepian dan biasanya homesick melanda karena kangen keluarga dan teman-teman di Indonesia. Tidak apa-apa kok sekedar say hello ke orang baru dan basa-basi. Aku orangnya gampang lupa nama jadi trikku biasanya kalau ngobrol sama orang biasanya kuselipkan kata-kata "I'm sorry, I'm very bad at name and maybe I will ask your name again, hahaha..."
  • Jangan cuma di dalam kamar dan browsing internet apalagi streaming film yang bisa dilakukan di Indonesia (Yaa streaming bolehlah kalau sudah malem dan sudah pada tutup tokonya.) Jalan-jalan dan eksplorasi kota, kampus, atau tempat kerja. Eksplorasi kota ini biar tidak nyasar kalau ke mana-mana dan sekalian survey harga mana toko murah mana toko mahal.
  • Rajin-rajin baca ramalan cuaca. Kalau Indonesia kan cuma dua musim dan biasanya jelas kalau panas ya panas banget kalau hujan ya hujan banget. Nah kalau di luar negeri (khususnya negara 4 musim) cuaca cepat sekali berubah, jadi bukalah ramalan cuaca.
  • Belilah nomor HP sesuai kebutuhan. Nomor HP itu bisa dibeli di dispenser gitu pakai koin atau beli aja di supermarket terdekat. Internet 500 mb kalau cuma buat sosialiasi (Whatsapp sama Line sih kebanyakan) cukup sih buatku, lagipula WiFi banyak di mana-mana.
  • Cari di Google "What to do in (nama kota)", biasanya ada list tempatnya dan santronin aja tempatnya. Kadang bahkan orang lokal gak tahu ada tempat itu, haha..
  • Selalu bilang iya jika ditawarkan melakukan sesuatu yang masuk akal (jalan-jalan, melakukan aktivitas). Karena itu adalah kesempatan banget untuk cari teman dan melakukan hal baru. Yaa kalau ditawarin pakai narkoba jangan dilakukan juga -_-


TIPS CAMPUR-CAMPUR
  • Buat yang gak minum minuman alkohol, di Sheffield sih orangnya terbuka banget dan biasanya kasih opsi minuman gak beralkohol atau soda. Jangan takut untuk bilang tidak kalau ditawarin bir, wine, cocktail, atau semacamnya. Aku tidak tahu yaa apakah kota lain di Inggris seperti itu atau nggak. Aku tergolong bukan peminum alkohol dan kadang emang mereka nanya kenapa, yasudah jawab saja apa adanya

Ayo tebak mana yang kuminum :p
  • Buat yang mencari makanan halal, perhatiin banget bahan-bahan makanannya atau ada label halal atau nggak. Yaa kalau gak halal saya bersedia menampung kok *eh?
  • Kebanyakan orang ke luar negeri buat sekolah atau kerja, tapi jangan lupa nikmati negara kalian berada. Seimbangkan belajar/kerja dengan bersenang-senang. Work hard play hard.
  • Tips apalagi ya? Sudah tidak kepikiran lagi, haha..


Aku sempat berpikir bahwa mendapatkan kesempatan belajar di luar negeri merupakan anugerah terindah yang pernah kumiliki (lalu nyanyi lagu Sheila on 7) dan pengalaman yang sangat menarik. Tapi buat apa aku punya pengalaman tapi tidak pernah kubagikan kepada orang lain? Semoga tips-tips dari pengalamanku yang masih sangat singkat ini bisa ada gunanya buat orang lain. Aku masih punya banyak waktu di sini, semoga semakin banyak pengalaman semakin banyak hal yang bisa kubagikan :)

*Tips ini dibuat karena sedang bosan di kamar padahal banyak hal yang bisa dikerjakan dan reading list kuliah mulai menumpuk. Maafkan jika kurang berkualitas :p*

Komentar

Hana Bilqisthi mengatakan…
Wah Billy menulis lagi :) Semangat kuliahnya ya bil :D
Unknown mengatakan…
Hmmm… kalo di sini malah tisu toiletnya ga boleh dibuang ke dalem toilet soalnya bikin mampet… huehuehuehue

Postingan populer dari blog ini

Anak dan Ibunya yang sedang Menyulam

Seorang anak melihat ibunya sedang menyulam di ruang tamu. Sang ibu duduk di sebuah kursi santai dan mulai menyulam dengan tenang. Tampak telaten ibu tersebut memasukkan benang ke dalam jarum, mulai menusukkan jarum ke kain sulamannya, dan mulai menyulam perlahan-lahan. Sang anak yang penasaran dengan apa yang ibunya lakukan mendatangi ibunya. Dia berlari kecil ke hadapan ibu, dan menarik-narik celana ibunya untuk mendapatkan perhatian dari ibunya. "Ibu ibu, sedang apa sih ibu?". "Ibu sedang menyulam sayang, ibu sedang membuat menyulam gambar seorang anak yang sedang berdoa.". "Ooohhh, hebat sekali ibu." Jawab anak tersebut dengan kagum. Ibu tersebut hanya bisa tersenyum mendengar komentar anaknya. Tidak berapa lama, anaknya kembali bertanya kepada ibunya "Bu, kok sulamannya tidak berbentuk seperti anak yang sedang berdoa? Kelihatannya malah seperti benang kusut?". Ibunya diam saja namun tersenyum mendengar pertanyaan anaknya yang berada di

Sindroma Kepala Dua

Hal pertama yang kulakukan sebelum aku menulis postingan ini adalah mengganti judul blog ini. Gak tahu ya hal simpel ini cukup bermakna buatku. Entah kenapa aku memiliki keinginan yang besar untuk menulis sekarang. Tapi aku tidak tahu apa yang ingin kutulis, jadi aku akan mengeluarkan saja semua yang ada di pikiranku sekarang yaa. Baru beberapa hari silam, aku bercengkrama dengan seorang temanku tentang menulis di blog. Aku merasa bahwa tulisanku dulu dan sekarang itu berbeda. Dulu aku bisa menulis dengan bebas, aku merasa apapun bisa kutulis tanpa mempedulikan apapun, kreativitas bisa kutumpahkan dalam tulisan. Sekarang aku berbeda dengan yang dulu. Aku sekarang lebih memerhatikan gramatika penulisan, aku memerhatikan kohesivitas tulisan dari awal sampai akhir, aku menulis dengan berhati-hati agar tidak menyinggung perasaan orang lain. Aku memang seorang mahasiswa yang mau tak mau harus membuat tulisan-tulisan dengan kaku, perlu mencantumkan sumber, harus memerhatikan berbagai as

Mengejar Trotoar

I've made up my mind, Don't need to think it over If I'm wrong, I am right Don't need to look no further, This ain't lust I know this is love But, if I tell the world I'll never say enough 'cause it was not said to you And that's exactly what I need to do If I end up with you [Chorus] Should I give up, Or should I just keep chasin' pavements? Even if it leads nowhere Or would it be a waste Even if I knew my place Should I leave it there Should I give up, Or should I just keep chasin' pavements Even if it leads nowhere I build myself up And fly around in circles Waitin' as my heart drops And my back begins to tingle Finally, could this be it [Chorus] Or should I give up Or should I just keep chasin' pavements Even if it leads nowhere Or would it be a waste Even if I knew my place Should I leave it there Should I give up Or should I just keep chasin' pavements Even if it leads nowhere Or would