Langsung ke konten utama

Laporan Proyek Bersyukur

Akhirnya di tengah kesibukan dunia yang tak henti-hentinya aku bisa membuat tulis mengenai proyek bersyukur ini, haha.. Bagi yang tidak tahu apa itu proyek bersyukur, silahkan dibaca dahulu untuk memiliki prior knowledge.

Jadi apa saja yang bisa kulaporkan dari #ProyekBersyukur ini? Mari mengenang kembali apa saja yang sudah aku syukuri selama 30 hari bulan Juni ini dan apa saja sih dampak buatku dari bersyukur ini.

Apa saja yang sudah kusyukuri? Mari dibaca:

Huwah, senangnya bisa main game online lagi, haha.. *ceritanya udh lama gak main*
Selamat pagi dan selamat hari minggu :) Terus bersinar spt matahari yg tak pernah lupa terbit
Ternyata tarif parkirnya bukan 4 rb tapi 3 rb. Senangnya hemat beberapa ribu :D
I've been watching TV for more than 3 hours. Wow, what a rare occasion :)
I'm not and not going to be alone to face the test of life :) . Sure we can do it!
Meskipun melewati jalan yg berat, bersyukurlah lebih banyak pelajaran yg didapatkan bila berhasil melewati jalan itu
(Tadi dua tweet pas jaman-jaman kompre KAUP, hehe..)
There is always joy in learning something new :)
Langitnya lagi cerah dan kelihatan bintangnya, semoga pertanda bagus :)
We met as freshman, we're a team since research methodology class, and we're a good friend now .
Terima kasih banyak teman-teman dukungan u/ komprenya di Twitter :) Puji Tuhan lancar tadi
Hang out with more than one circle of friends :)
Setelah melewati KAUP hasilnya persahabatan dengan kelompok semakin erat :) .
Setelah melewati KAUP persahabatan dengan orang-orang disekitar juga semakin erat :) .
Panas berminggu-minggu dihapuskan oleh hujan sehari :)
Jadi besok hari terakhir UAS dan akhirnya bisa resmi mengucapkan "Selamat tinggal semester genap" :)
dahulu di hari yg agak buruk ini sebelum ganti hari dan tidur :)
Finally I know my section and the neighbour sections :) 1 section remaining and it's tough .
Mengenal orang lain lebih dalam meskipun melalui orang ketiga *bahasa halus kepo sebenarnya* :p
Yup it's saturday officially, be grateful because today will be better than yesterday . Good night :)
Akhirnya tas alkitabku yg sudah 7 tahun pensiun (kiri) dan sudah beli baru :') Modelnya mirip pula .
Rumah yg sedang kosong adalah tempat yg menyenangkan untuk latihan alat musik *lupa punya tetangga*
Oh well I can't generalize my life just because of few days. Be grateful you could make a plan and come in time :)
Tiba-tiba mikir itu proyek yg sangat pas buat aku yang Jawa. Hal terburuk pun dicari sisi positifnya.
Keinginan menulis blog begitu besar ketika diriku sudah berniat u/ tidur -_- Bersyukur Bil punya ide nulis :p
Today will be a hectic but fun day :) Have a nice day ahead
Think positive, it means you have another holiday tomorrow before internship ;)
Rough day, but there is always something to be grateful about right ;)
Libur, tidur lebih dari 8 jam, bisa melalukan sesuatu yg tidak bisa kukerjakan kalau jaman kuliah :)
Ada berkat dari tidak diterima magang fakultas gelombang 1 :D Puji Tuhan .
Tapi bisa aja tetep keterima magang fakultas gelombang 1, tetap puji syukur karena akhirnya bisa magang, haha.. .
Yesaya 55:8 & Yeremia 29:11 :)
Untuk pertama kalinya benar-benar membaca buku petunjuk penggunaan mobil, haha.. .
Hmm, apa ya yang bisa disyukuri dari hari ini yang cukup suram karena langitnya seharian gelap? :)
2 hari ini melelahkan tapi juga menyenangkan :)
Oh iya belum mensyukuri hari kemarin. Terima kasih atas warna baru pada 'diary kehidupan' .
Senangnya akhirnya yg magang fakultas banyak yang keterima :) Semoga minggu ini semakin banyak yg keterima *Berdoa* .
Senangnya doaku kemarin tentang banyak yg keterima magang fakultas juga berdampak pada diriku :) .
Berbagi cerita dengan teman-teman memberikan suatu kebahagiaan yg sederhana tapi berharga :)
Bahkan aplikasi iPad pun mengingatkan untuk tidak prokrastinasi dan kirim via email pula
Many friends, many experience :)
Aku dikelilingi banyak orang hebat dan menarik yang membuat hidupku penuh warna :)
Thank God I can still see the sunshine this morning .
Banyak sekali orang hebat disekelilingku :)
Free is fun :p
Hal yg menyenangkan dari naik kendaraan umum dibandingkan nyetir mobil adalah bisa tidur, hihi.. .
Making friends is never a bad thing :) .
Listen and to be listened :)
Tiada rotan akar pun jadi, tapi kalau akarnya juga gak dapet, mungkin ada benda lain yg bisa kudapatkan :p

Setelah membaca semua hal yang kusyukuri ini, aku baru menyadari beberapa hal tentang apa yang kusyukuri
1. Aku tipikal anak ekstrovert banget. Aku senang ketemu dengan orang-orang baru, senang bisa memahami orang lain, senang dikelilingi orang-orang hebat, dan orang lain adalah hal yang bisa membuatku mensyukuri hidupku. Ini mungkin Locus of External atau memang kehadiran orang lain membuat aku semakin mensyukuri kehidupanku. Aku merasa bahwa dengan adanya orang lain, aku semakin paham bahwa dunia itu luas dan aku dapat semakin banyak mensyukuri hal-hal dalam hidupku.
2. Aku mensyukuri hal-hal kecil yang terjadi dalam hidupku. Bisa main game, bisa nonton TV, dapet gratisan, harga tiket parkir lebih murah, hal-hal yang mungkin dianggap remeh tapi aku tetap mensyukurinya bisa melakukan hal tersebut.
3. Aku bersyukur atas hal-hal yang terjadi pada alam semesta ini. Aku bersyukur atas matahari yang terbit dan bintang-bintang yang bermunculan di malam hari. Aku mensyukuri atas segala ciptaan Tuhan yang aku lihat dengan mata kepalaku sendiri.
4. Aku mensyukuri hal buruk atau tidak menyenangkan yang terjadi pada diriku. Entahlah apa dapat dikatakan bahwa aku naif, tapi begitulah yang terjadi pada diriku dan memang benar kusyukuri. Hidupku tidak selalu menyenangkan ketika proyek bersyukur aku jalankan, namun aku berusaha melihat hal baik yang ada dibalik hal-hal yang kurang menyenangkan. Masalah adalah sesuatu yang membuat kita belajar dan menjadi lebih baik ketika kita menghadapinya.

Jadi apa yang kupelajari dan manfaat dari proyek bersyukur ini?
1. Aku belajar menghargai hidup. Menghargai mungkin adalah kata kunci utama dari mensyukuri kehidupan. Aku menghargai diriku sendiri, orang lain, bahkan semua yang terjadi di alam ini.
2. Keluhanku berkurang (kok kayak orang habis dari dokter kalau aku bilang kayak gini). Aku adalah orang yang suka mengeluh, sepertinya apa saja bisa kukeluhkan. Bersyukur membuat aku mengurangi keluhan yang sering terlontar dari mulutku. Yaa, setidaknya sekarang aku yang mengeluh berada dalam batas yang wajar lah, hehe..
3. Aku merasa lebih positif. Hal-hal buruk pasti ada yang pernah terjadi dalam hidupku, tapi aku menghadapinya dengan lebih positif. Capek dengan adanya hal buruk atau masalah pasti ada, namun aku bisa menanggapinya dengan lebih tenang dan positif.
4. Apalagi yaa yang kupelajari dan kurasakan manfaatnya? Hmm... Pokoknya mensyukuri hal sekecil apapun dalam hidup itu rasanya memberikan kebahagiaan tersendiri pada hidupku. Senyum bisa tersungging dengan aku mensyukuri suatu hal :) Kalau hari yang buruk baru saja kulalui dan mengingat bahwa ada hal yang patut disyukuri dalam hidup, rasanya beban hari buruk tersebut sedikit berkurang. Pokoknya harus mulai berhati-hati kalau berada di tahap di mana diri sendiri sedang tidak bisa memikirkan satu hal baik pun dan hal positif yang sedang terjadi *curcol

Dengan ditutupnya postingan ini, bukan berarti aku menutup hal-hal yang bisa disyukuri, yang dipelajari, dan manfaatnya hanya sampai situ saja. Hidup itu terus berjalan, manusia terus berkembang, dan banyak hal-hal juga bisa terus berkembang. Mungkin aku tidak perlu lagi menulis di Twitter #ProyekBersyukur tapi biarlah proyek bersyukur ini menjadi proyek seumur hidupku untuk terus mensyukuri apa yang ada kayak yang ada di lirik lagu D'Masiv - Jangan Menyerah. Have a grateful life :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Anak dan Ibunya yang sedang Menyulam

Seorang anak melihat ibunya sedang menyulam di ruang tamu. Sang ibu duduk di sebuah kursi santai dan mulai menyulam dengan tenang. Tampak telaten ibu tersebut memasukkan benang ke dalam jarum, mulai menusukkan jarum ke kain sulamannya, dan mulai menyulam perlahan-lahan. Sang anak yang penasaran dengan apa yang ibunya lakukan mendatangi ibunya. Dia berlari kecil ke hadapan ibu, dan menarik-narik celana ibunya untuk mendapatkan perhatian dari ibunya. "Ibu ibu, sedang apa sih ibu?". "Ibu sedang menyulam sayang, ibu sedang membuat menyulam gambar seorang anak yang sedang berdoa.". "Ooohhh, hebat sekali ibu." Jawab anak tersebut dengan kagum. Ibu tersebut hanya bisa tersenyum mendengar komentar anaknya. Tidak berapa lama, anaknya kembali bertanya kepada ibunya "Bu, kok sulamannya tidak berbentuk seperti anak yang sedang berdoa? Kelihatannya malah seperti benang kusut?". Ibunya diam saja namun tersenyum mendengar pertanyaan anaknya yang berada di

Sindroma Kepala Dua

Hal pertama yang kulakukan sebelum aku menulis postingan ini adalah mengganti judul blog ini. Gak tahu ya hal simpel ini cukup bermakna buatku. Entah kenapa aku memiliki keinginan yang besar untuk menulis sekarang. Tapi aku tidak tahu apa yang ingin kutulis, jadi aku akan mengeluarkan saja semua yang ada di pikiranku sekarang yaa. Baru beberapa hari silam, aku bercengkrama dengan seorang temanku tentang menulis di blog. Aku merasa bahwa tulisanku dulu dan sekarang itu berbeda. Dulu aku bisa menulis dengan bebas, aku merasa apapun bisa kutulis tanpa mempedulikan apapun, kreativitas bisa kutumpahkan dalam tulisan. Sekarang aku berbeda dengan yang dulu. Aku sekarang lebih memerhatikan gramatika penulisan, aku memerhatikan kohesivitas tulisan dari awal sampai akhir, aku menulis dengan berhati-hati agar tidak menyinggung perasaan orang lain. Aku memang seorang mahasiswa yang mau tak mau harus membuat tulisan-tulisan dengan kaku, perlu mencantumkan sumber, harus memerhatikan berbagai as

Mengejar Trotoar

I've made up my mind, Don't need to think it over If I'm wrong, I am right Don't need to look no further, This ain't lust I know this is love But, if I tell the world I'll never say enough 'cause it was not said to you And that's exactly what I need to do If I end up with you [Chorus] Should I give up, Or should I just keep chasin' pavements? Even if it leads nowhere Or would it be a waste Even if I knew my place Should I leave it there Should I give up, Or should I just keep chasin' pavements Even if it leads nowhere I build myself up And fly around in circles Waitin' as my heart drops And my back begins to tingle Finally, could this be it [Chorus] Or should I give up Or should I just keep chasin' pavements Even if it leads nowhere Or would it be a waste Even if I knew my place Should I leave it there Should I give up Or should I just keep chasin' pavements Even if it leads nowhere Or would